Jumat, 22 Juni 2012

Mainan Masa Kecil Versi Gue

Malam ini dingin banget deh. Mana bb gue gak berkehidupan. Jadi dilema gue antara mau tidur dan posting. Akhirnya gue milih blog gue ini. Udah hampir 2 mingguan Pontianak gak diguyur hujan. Baru tadi sore deh hujannya turun. Gue sama temen gue jadi kayak anak kecil yang baru dapet mainan baru. Seneng banget. Akhirnya kami pun memutuskan untuk menantang air hujan itu. Dan kami jingkrak-jingkrak gak jelas dibawah jemuran belakang kos. Gue yang ngerasain udah lama banget gak mandi hujan jadi kepikiran buat posting di blog gue tentang mainan masa kecil yang sering gue mainin waktu jaman gue masih punya ingus di hidung. Nah,mau tau apa mainan kita samaan atau enggak, mari check this out..
1.       Kejar-kejaran
Jaman gue kecil, mainan ini ada beberapa macam contohnya kejar kumbang, kejar ‘krim japai’, kejar ‘krim merdeka’ dll. Dalam kejar kumbang, temen kita yang udah di sentuh dan dinyatakan sebagai pihak yang mengejar harus membantu membuat semua temen yang ikut dalam permainan ini juga disentuh hingga tak ada yang dikejar lagi. Kalo kejar ‘krim japai’, kita ngerasa capek berlari, kita bisa mengucapkan kata ‘krim’. Dan kita bisa kembali dalam permainan lagi kalo temen kita yang jadi mangsa menyentuh kita. Kejar ‘krim merdeka’ gak jauh beda sama kejar ‘krim japai’. Bedanya kita bisa main lagi tanpa disentuh temen lain. Jangan lupa kalo kita mau masuk lagi harus mengucapkan kata ‘merdeka’.
2.       Petak umpet
Ini mungkin semua anak-anak sebaya gue dulu pasti pernah main petak umpet. Atau minimal tau permainan ini. Di daerah gue, petak umpet di sebut ‘seneporan’. Berasal dari kata ‘tepor’ yang berarti sembunyi. Unik kan ?!
3.       ‘SelebDor’
Gue gak tau bahasa indonesianya permainan ini. Di daerah gue di sebut gitu. Tapi gue pernah nonton sinetron ‘Kepompong’ juga mainin permainan ini tapi dengan sebutan lain. Gue juga lupa apa namanya. Sebenarnya nama dengan permainannya agak melenceng. Karena ada mengandung kata dor jadi ada yang berpikir permainan ini sejenis perang atau sejenisnya. Sebenarnya enggak sama sekali. Permainannya cukup mudah. Sebaiknya permainan ini dimainkan di tanah lapang atau di tanah yang agak luas.
4.       Kelereng
Biasanya yang jago main harus menuruti persyaratan yang diajukan dari temen-temen yang lain. Biasanya kami menyebutnya ‘paen’. Misalnya temen yang jago main itu jago menggunakan telunjuk dan jempol untuk ‘memetik’ maka syaratnya tidak boleh memakai telunjuk. Biasanya memakai jari yang dianggap lemah dalam ‘memetik’
5.       Lompat tali
Uniknya disini kita boleh berjungkir balik ria apabila kita tidak bisa melompati tingkatan-tingkatan dari tali tersebut. Ini berlaku jika sudah melewati tinggi badan temen kita yang jaga.

Nah, itu tadi beberapa permainan masa kecil gue. Sebenarnya masih banyak permainan lain yang lebih unik sebutannya. Tapi gue disini sekedar sharing permainan yang lebih sering gue mainin bareng temen-temen dulu. Kalo diinget-inget jadi pengen kecil lagi..
Makasih udah mau baca. Wassalam....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar